PERSYARATAN PELAYANAN
Pengajuan secara perorangan:
- Surat Permohonan (formulir tersedia di Tempat Pelayanan Pajak Daerah atau menggunakan format surat sendiri).
- SPPT/SKPD/STPD yang diajukan pembatalan.
- Fotokopi identitas Wajib Pajak/Kuasa Wajib Pajak.
- Fotokopi Tanda Bukti Pembayaran PBB Perkotaan tahun sebelumnya.
Pengajuan secara kolektif:
(Catatan: PBB Perkotaan yang terutang untuk setiap SPPT paling banyak Rp200.000,00.)
- Diajukan melalui Lurah setempat.
- SPPT yang diajukan pembatalan.
- Fotokopi identitas Wajib Pajak/Kuasa Wajib Pajak.
- Fotokopi Tanda Bukti Pembayaran PBB Perkotaan tahun sebelumnya.
Catatan:
- Diajukan dalam jangka waktu 3 bulan sejak tanggal diterimanya SPPT atau 1 bulan sejak diterimanya SKPD/STPD, kecuali Wajib Pajak dapat menunjukkan bahwa waktu tersebut tidak dapat dipenuhi karena keadaan di luar kekuasaannya.
- Wajib Pajak tidak mengajukan keberatan, mengajukan keberatan tetapi tidak dipertimbangkan atau mengajukan keberatan kemudian mencabut keberatannya atas SPPT atau SKPD yang dimohonkan pembetulan.
SISTEM, MEKANISME, DAN PROSEDUR
- Wajib Pajak mengajukan permohonan pembatalan ke Bapenda melalui petugas tempat pelayanan dengan melengkapi persyaratan permohonan.
- Petugas tempat pelayanan meneliti kelengkapan berkas. Jika berkas belum lengkap, berkas dikembalikan ke Wajib Pajak untuk dilengkapi kekurangannya. Jika berkas sudah lengkap, petugas tempat pelayanan mencetak dan memberikan Bukti Penerimaan Surat kepada Wajib Pajak.
- Terhadap berkas permohonan dilakukan penelitian dan dalam hal permohonan tidak memenuhi kelengkapan persyaratan dibuat Surat Pemberitahuan Permohonan Pembatalan SPPT/SKPD/STPD yang Tidak Benar tidak dapat Dipertimbangkan dan menyampaikannya kepada Wajib Pajak.
- Dari hasil penelitian, diterbitkan Surat Keputusan Pembatalan Ketetapan PBB Perkotaan yang Tidak Benar atas SPPT/SKPD/ STPD.
- Surat Keputusan disampaikan kepada Wajib Pajak melalui petugas tempat pelayanan.
JANGKA WAKTU PENYELESAIAN
Selambat-lambatnya 6 bulan setelah tanggal surat permohonan
BIAYA/TARIF
Tidak dipungut biaya
PRODUK LAYANAN
Surat Keputusan Pembatalan Ketetapan PBB Perkotaan yang Tidak Benar atas SPPT/SKPD/STPD
PENANGANAN PENGADUAN, SARAN, DAN MASUKAN
Pengaduan/keluhan/masukan dari pengguna pelayanan disampaikan kepada Kepala Bapenda melalui kotak saran, surat, atau telepon.