Standar Pelayanan Pendaftaran Objek PBB Perkotaan Baru

Persyaratan Pelayanan
  1. Surat Permohonan (formulir tersedia di Tempat Pelayanan Pajak Daerah atau menggunakan format surat sendiri).
  2. SPOP/LSPOP (formulir tersedia di Tempat Pelayanan Pajak Daerah).
  3. Fotokopi identitas Wajib Pajak/Kuasa Wajib Pajak.
  4. Fotokopi bukti kepemilikan/penguasaan/ pemanfaatan tanah.
  5. Fotokopi IMB bagi yang memiliki bangunan.
  6. Fotokopi SSB/SSPD BPHTB.
  7. Fotokopi SPPT PBB Perkotaan bidang tanah di sebelah objek pajak yang didaftarkan.
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
  1. Wajib Pajak melakukan pendaftaran objek pajak baru ke Bapenda melalui petugas tempat pelayanan dengan melengkapi persyaratan permohonan.
  2. Petugas tempat pelayanan meneliti kelengkapan berkas. Jika berkas belum lengkap, berkas dikembalikan ke Wajib Pajak untuk dilengkapi kekurangannya. Jika berkas sudah lengkap, petugas tempat pelayanan mencetak dan memberikan Bukti Penerimaan Surat kepada Wajib Pajak.
  3. Terhadap berkas permohonan dilakukan penelitian dan jika diperlukan dilakukan penelitian lapangan.
  4. Dari hasil penelitian, dilakukan perekaman data dan pencetakan SPPT.
  5. SPPT disampaikan kepada Wajib Pajak melalui petugas tempat pelayanan.
Jangka Waktu Penyelesaian

Dengan penelitian lapangan: 5 hari kerja
Hanya penelitian kantor: 3 hari kerja

Biaya/Tarif

Tidak dipungut biaya

Produk Layanan

SPPT PBB Perkotaan

Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan

Pengaduan/keluhan/masukan dari pengguna pelayanan disampaikan kepada Kepala Bapenda melalui kotak saran, surat, atau telepon.